Selasa, 28 Mei 2013

Greatest Memories In Bali (Part 2)

Tur pertama kami adalah ke pusat oleh-oleh Hawaii. Dengan muka percaya diri, aku masuk ke Hawaii. Mulai milih-milih kaos. Jujur. Bingung. Tanpa temen belanja buat orang lain itu rada sesuatu. Ditambah ini adalah pertama kali aku pergi sendiri buat belanja.

Ketika milih kaos, yang terlintas dipikiranku adalah: matikon.. beli apa, ya? Yang ukuran berapa? Yang gambarnya gimana?

Waktu itu sedikit gambling untuk milih kaos mama dan papa. Apalagi kaosnya papa. Aku bingung ukurannya papa seberapa, jadi aku ngambil aja XL. Kan lebih baik kegedean daripada kekecilan.

Ketika ngeliat harganya, aku langsung gigit jari. Kaos-kaos yang gede ini (baca: mama + papa) kisarannya 60 ribuan. Kalau kaosku sama adek cuma kisaran 20-30 ribu. Gini aku udah ketar ketir. Mondar mandir. Gimana, nih kalau uangku ga cukup.

Sedikit takut-takut, akhirnya belanja di Hawaii saya akhiri dengan beli kacang disko rasa barbekiu. Sebenernya pengen beli yang lainnya, tapi karena udah ketakutan sendiri, akhirnya langsung pergi ke kasir.

Pas aku lagi ngebayar belanjaan, tiba-tiba Suster Melani dateng. “Nan, saya titip ini, ya. Biar sekalian bayar,” Ternyata kacamata hitam. Untung bukan kacamatanya rockstar, atau kacamatanya Psy. “Uang pas apa uang besar?”

“Pas aja, Suster. Biar gampang bayarnya.” Setelah itu, Suster ngulurin uang 35 ribu dan berterima kasih.

Si mbak-mbak kasir ini gesit banget. Masuk-masukin barang, sama ngasih suvenir gantungan kunci bentuk ikan. Luar biasa. Kadang bikin iri juga sama orang yang gesit kerjanya itu. Kesannya cepat tanggap gitu.

Setelah di kalkulasi, ternyata semua belanjaan saya itu harganya 250 ribu. Separuh dari uang jajan ke Bali. Padahal niatan nyisain cukup banyak biar bisa disimpen sendiri. Nyiehehe..

Dan saat itu aku baru sadar, kalau uang 500 ribu itu ternyata bisa buat banyak barang.

***
Setelah dari Hawaii kita langsung meluncur ke Tanjung Benoa. Tempat biasanya turis-turis maenan air. Ada parasailing, diving, jetski, sampe trip ke pulau penyu yang nggak jauh dari sana.

Mengingat masih pengen beli banyak barang, aku akhirnya pilih permainan yang cost nya paling kecil, trip ke pulau penyu. Cuma 50 ribu, murah kalau dibandingin yang lainnya. Walaupun kata hati bilang pengen naik parasailing, otak masih bilang buat nyimpen uang. Yah, ikutin kata otak aja, lah.

Di pulau penyu, aku dan temen-temen ngejar penyu. Malah ada yang nenggelemin penyu. Kasian. Tapi penyunya unyu unyu, lo. Hahaha..

Disana, kita ngeliat seorang keluarga bule. And you know what, ngeliat bule dari deket itu beda. Serius. Kita bisa liat perbedaannya sama orang Indonesia. Kalau orang Indonesia itu cenderung sawo matang kulitnya, orang bule itu putih banget.

Ya, aku katro.

Disana, aku dan Jane kasak-kusuk tentang bule. Uhm. Keliatannya nggak perlu di jelasin, deh. Too much.

Akhirnya, trip ke pulau penyu diakhiri dengan sepatu yang penuh dengan pasir. Luar biasa.

***
And, here we go. Dari Tanjung Benoa, kita lanjut ke Joger. Ini dia yang aku bilang.

Untuk ke Joger, kita naik semacam angkutan umum. Semacam len kalau di Surabaya, tapi ini lebih keliatan kayak mini bus. Dan panas.

Berdalih pengen dapet angin, aku duduk di deket jendela. Dan demi apa malah aku yang kepanasan gara-gara kena matahari.

Setelah sampe di Joger, mulailah aku bingung antara mau beli apa nggak. Dan lagi-lagi, awalnya doang sih. Sendirian. Alalala..

Untunglah, tiba-tiba Patrick nyamperin dan tanya, “Mau beli apa, Nan?”

Aku ngangkat bahu. “Nggak tau, nih. Masih bingung.”

Lalu, kemudian rombongan kami bertambah dengan datangnya Yoga dan akhirnya ketemu lagi sama Jane. Ini lebih enak daripada di Hawaii. Ada temennya.

Aku ngeliat tas travel yang lumayan gede, warnanya biru. Ternyata aku sama Jane sama-sama naksir tas itu. Tapi sayangnya Jane nggak bisa beli. Dan sebagai gantinya dia beli .. cangkir. Cangkir .. #selanjutnyaisisendiri

Betapa beruntungnya saya ditemenin Jane pas di Joger. Coba nggak saya pasti bingung sendiri. Sesaat kemudian, ketemulah kami sama Vivin yang lagi nyari sepatu. “Eh, ini ada yang ukuran 37 nggak, ya?” Vivin nanya ke kita.

“Coba nanya ke mbaknya. Kali aja disimpen di tempat lain,” Aku ngasih saran. Vivin tolah-toleh.

“Tapi mbaknya nggak ada, Nan.”

“Dicari aja, Vin. Kalau perlu ke kasir.”

Sebenernya pas di Joger pengen beli kaos buat diri sendiri. Tapi kalau nggak ngebeliin keluarga juga nggak enak juga. Harus hemat budget juga, kan. What a shopaholic problem.

***
Hari udah mulai sore ketika kita semua mulai meluncur ke Kuta. Sebelum berangkat, pak sopir ngitung kami semua yang ada diangkutan. Dengan logat Bali yang sampe sekarang kadang-kadang muncul pas aku ngomong.

“Satu .. dua ..” Pak sopir mulai ngitung. Dari awal, sih pas kita mau berangkat ke Joger, pak sopir ini ngitungin kita dengan telaten sebelum berangkat. Mungkin, pak sopir ini semacam menjaga anak-anak ayam yang induknya ada di pulau lain.

“Ini sudah lengkap, ya,” Pak sopir ngomong ke kita. Tiba-tiba Yoga nyela.

“Kurang mbok (mbak) Lina, Pak!” Si Yoga ternyata masih inget juga sama tour guide kita yang tiba-tiba ngilang itu.

“Aduh .. gimana, ya. Semuanya udah lengkap ..” Pak sopir bimbang sejenak, lalu mulai masuk ke angkutan. “Ya udah, lah. Tinggal aja.”

Keputusan yang membuat hatiku bersorak gembira. Makasih, pak udah ngertiin kita yang kayak ada di sauna.

Pas hampir sampai ke Kuta, keliatan banget kalau Kuta ini memang tourist destination nya Bali. Toko-toko berjejeran. Mulai dari merek baju Polo, sampe toko kaset. Semuanya full bule. Banyak banget bule yang mondar-mandir di jalanan itu.

Dan ketika memijaki Kuta .. langsung rasanya campur. Antara ‘udah-nih-gini-doang’ sama ‘wow-banyak-bulenya’ semuanya nyampur jadi satu.

Setelah nitipin tas, anak-anak langsung pada nyebur di pantai. Aku pun tergugah buat ikutan. Ikutan nyelupin kaki, tapi. Kapan lagi bisa ngerasain ke pantai yang bersih kayak gini?

Tapi ternyata takdir berkata lain. Lauren dengan muka nggak bersalahnya nyipratin air ke celanaku, dan bagaikan kena sihir, aku langsung ikutan main. Biarin, deh basah. Yang penting bawa ganti.

Akhirnya, aku dan temen-temen nyoba buat melawan ombak. Seru juga ternyata jadi kayak anak-anak lagi. Lagipula, kapan lagi bisa gila-gilaan di pantai bareng temen-temen kayak gitu?

***
Perjalanan di Kuta hari itu berakhir dengan menunggunya kami di angkutan selama hampir setengah jam. Kepala pusing, ditambah lagi harus nungguin tiga manusia yang belum kembali ke angkutan.

Untung aja, pak sopirnya pengertian.
Terbukti dengan diambilnya langkah pak sopir untuk ngebut sepanjang perjalanan. Pengertian banget kalau aku udah laper stadium tinggi.

Kami berlabuh di Krisna buat makan. Disana ternyata banyak banget rombongan anak-anak SMP yang juga makan di Krisna. Dan yang bikin seneng itu sambutan awal dari mbak-mbak Krisna. Sambil nempelin stiker ke kita, salah satu mbaknya bilang, “Stella Maris! Wah .. cantik-cantik ini.”

Makasih, mbak. Itu bikin mood saya naik lagi.

Di Krisna, seperti biasa kita makannya prasmanan. Ngambil sendiri kecuali lauknya, biar ga korupsi. Saat ngambil makanan, Eva dan Erlina mengapit aku di barisan. Saat itu kita ngeliat anak-anak SMP (entah SMP apa) lagi nyanyi lagunya Armada. Suaranya .. #selanjutnyaisisendiri

“Hadeh .. Mendingan kita yang nyanyi, ya nggak, Va?” Ya, aku over pede, sambil lirik-lirik Eva dengan muka bener-toh. Eva cuma ketawa.

Makan malam di Krisna hari itu berakhir dengan lagunya Once – Kujanjikan Aku Ada oleh seorang mas-mas yang bikin envy gara-gara main keyboardnya bagus.

“Kau boleh acuhkan diriku, dan anggapku tak ada. Tapi takkan merubah perasaanku .. kepadamu.”

Pek.

(Bersambung ke part 3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar