Selasa, 28 Mei 2013

Paket Three In One

Sebenarnya, apa sih makna dari kita nge-blog?

Pertanyaan itu tiba-tiba muncul di otakku ketika membuka laptop sepagi ini. Iya, ya. Untuk apa? Untuk kepuasan batinkah? Atau hanya sekadar untuk menyampaikan aspirasi yang nggak tersampaikan di dunia nyata?

Jujur, waktu pertama kali bikin blog, itu masa-masa aku gaptek sekali. Sekitar .. kelas 6 SD. Ketika aku les komputer, disitu aku mulai diajarkan internet, juga mulai dikenalkan dengan blogging.

Saat itu yang terlintas di otakku adalah: blogging itu nggak lebih asik daripada socmed. Nggak ada temen, nggak ada yang komentar. Seperti kota hantu yang nggak dikunjungi. Lantas, blog ini akhirnya mati suri gara-gara jarang update.

Lalu, ketika mulai masuk SMP, aku ngeliat temen satu kelas yang ternyata pada punya blog, dan memanfaatkan blog untuk .. uhuk curhat. Tiba-tiba terlintas dipikiran buat menghidupkan blog yang mati, lalu mulai ngisi beberapa tulisan.

Sedikit gambling akhirnya aku nyoba buat log in. Inget nggak inget, sih password nya. Setelah dicoba, ternyata password nya bener. Dan mulai dari situ, blog ini mulai hidup.

Blog ini bisa dibilang seperti jurnal yang nggak terduga buat aku. Keliatan banget perubahan-perubahan gaya menulis aku dari amatiran sampai standar lumayan. Lumayan nggak alay-alay banget.

Mulai dari yang random – semua yang ada dipikiran diceritain semua – sampai akhirnya mulai ngerti bagian menarik mana yang harus diceritakan. Hampir mirip seperti meracik tulisan pas di majalah sekolah dulu.

Jujur, tujuan utama menghidupkan blog yang satu ini adalah untuk curhat. Ya, alih-alih pake diary, nggak tahu kenapa lebih suka mem-publish tulisan di blog. Bikin sebuah tulisan tentang apa aja yang aku tahu juga jadi sedikit menghibur dan bikin candu.

Kecanduan nulis.

Kalau dipikir-pikir, kecanduan nulis itu hampir mirip kayak kecanduan narkoba. Sekali suka, bakal susah ngilanginnya. Sama kayak aku. Micro blog nggak di update sehari aja rasanya bagai sayur tanpa garam gimana gitu.

Jadi, yah. Kesimpulannya. Makna nge-blog buat aku adalah menumpahkan semua tulisan kita di satu tempat yang terorganisir. All random thoughts in one place. Seperti paket hemat di restoran. Selain kita bisa mem-publish tulisan, ngeliat reaksi orang tentang tulisan kita, kita juga bisa memuaskan diri sendiri dengan baca hasil karya kita tanpa repot-repot.

3 in 1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar