Kamis, 16 Mei 2013

Greatest Memories in Bali (Part 1)


Tanggal 1 Mei sampai 4 Mei yang lalu, aku dan temen-temen satu angkatan pergi ke Bali dalam rangka rekreasi. Aku excited banget. Bahkan bisa dibilang lebay banget, sih excited nya.

Mulai dari preparation aja aku udah nggerecoki mama sama papa. Kalau ke papa seperti biasa minta pulsa, dan ke mama minta ngebeliin kebutuhan yang masih kurang. Mama bahkan sampe bosen. Ketika ngebuka garasi, tiba-tiba aku keinget ada yang kurang.

“Ada apa lagi, Nancy?” Mamaku nanya. Mukanya ditekuk. Mungkin yang terlintas dipikiran mama saat itu adalah: anakku ini lebay banget.

“Uhm.. Itu, Ma. Tisu, ya tolong beliin.” Aku cengengesan, terus masuk ke kamar.

Ya. Bahkan sampe tisu aja bikin aku kepikiran. Bener-bener.

Tapi bisa dibilang ini adalah kunjungan pertama ke pulau lain selain Madura buat aku. Kalau di Madura dateng itu udah kewajiban, ke Bali ini tujuannya emang buat bener-bener liburan. Wew. Targetku saat pergi ke Bali adalah: foto pas sunset. Sunset nya Bali kan juara banget. Apalagi kalau di Kuta. Wuih.

Yang jadi pikiranku saat itu juga adalah: pantatku bakalan kram. Kenapa? Karena perjalanan ke Bali itu memakan waktu sekitar 12 jam via darat, dan selama itu pula kita bakal duduk-duduk di bis. Okesip.

Kalau pantat ini bukan ciptaan Tuhan, mungkin udah kempes kali.

Ketika nyampe di sekolah, betapa terkejutnya saya. Bukan.. Bukan karena temen-temen yang pada ngebawa koper lumayan gede, tapi karena sepatu.

Demi apa banyak temen yang sepatunya kayak saya.

Saya: sebelah paling kiri foto. Photo by: Jane
Sebenernya bukan pilihan yang salah juga, sih kembaran sepatu. Kalau dipikir-pikir malah lucu. Bisa kayak anak kembar gitu. Untungnya, walaupun modelnya sama tapi warnanya beda. Tapi tetep aja, sih kayak anak panti asuhan.

Sebelumnya, kita udah dibagi tempat bisnya. Bisnya ada tiga. Satu bis kapasitasnya kayaknya up to 50 orang, deh. Keren.

Awalnya tempat duduknya juga udah dibagi. Tapi karena semangat kita yang milih tempat duduk duluan, kita duduk nggak peduli lagi sama aturan panitia. Huahaha.

And, here we go. Kita berangkat, terus sarapan nasi kotak bu Rudi. Demi apa.. Bu Rudi?! Ini wow banget. Nggh.. Aku makan aja sampe harus jauh-jauh ke Dharmawangsa, dan disini udah disediain. Ditambah restoran bu Rudi itu cukup punya nama, sih di Surabaya. Ini keren untuk ukuran sekolahku.

Ngapain ngomongin restoran bu Rudi? Iklan, nih.

Kembali ke cerita. Perjalanan berlangsung aman. Bahkan terlalu aman sampe aku bosen. Akhirnya kita sampe di sebuah SPBU, dan banyak banget temen-temen yang keluar dari bis. Toilet bis kayak mau dijadiin tempat tawuran dadakan. Ngeri.

Saat sore, akhirnya kami sampe di pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Capek. Seneng. Excited. Ternyata ferinya beda banget sama yang biasanya ke Madura, loh! (Berasa katro banget mikir kalau ferinya bakalan sama)

Di feri, dengan muka yang kucel kita semua nyempet-nyempetin buat foto-foto. Bahkan ada beberapa teman yang sudah bikin malu karena pasang toa di feri. Dan dengan senjata andalan, aku nyembunyiin muka. Itu bukan temenku, kok. Bukan.

Serangan muka kucel di kamera. Uhuy. Photo from: MMW's FB
Makan malam di Bidadari juga enggak lepas dari peranan toilet. Seperti biasa, tiap transit aku selalu pergi ke toilet. Biar aman. Dan ternyata lampu toiletnya otomatis. Jadi tiap kita nutup pintu, lampunya bakalan hidup. Ini keren. Selama di Bali ini aku jadi berasa katro sejadi-jadinya. Aku bahkan sempet ngebuka, sama nutup pintu itu berkali-kali. Dibikin mainan. Untung ga ada yang ngeliat.

Hari pertama menuju dan di Bali di akhiri dengan sampainya rombongan kami di hotel Inna Bali. Sebagai ketua kamar yang baik, aku ngambilin kunci. Awalnya sih duduk-duduk aja, nungguin di panggil. Tapi lama-kelamaan juga ga tahan.

“Bu.. Nancy, Bu.” Aku sengaja berdiri di salah satu panitia, lalu ngomong dengan nada melas.

“Oh.. Nancy, ya. Bentar-bentar,” Si Ibu ngeliat ke daftar kamarnya, lalu ngomong, “Kamar 37, ini.”

Dan ternyata semudah itu ngambil kuncinya.

Hotel Inna Bali ini sendiri dibagi jadi dua. Karena gedung-gedung di Bali ini nggak ada yang bertingkat sampe tinggi banget kayak di Surabaya, akhirnya dibikin dua, deh. Ada section dimana kita harus nyebrang.

Kebetulan, pas aku nyebrang. Aku nyebrang bareng kelompoknya si Daniel. Daniel ini kebetulan temen drama bahasa inggris aku. Pas itu tema kami tourism. Ke Bali.

So.. Is this Bali?” Daniel tiba-tiba nanya. Satu detik.. Dua detik.. Oalah! Ternyata itu salah satu dialog kami pas drama. Terang aja aku ketawa.

“Wahaha.. Inget ae,” Kami nyebrang zebra cross. “Kamu kamar berapa, toh?”

“Kamar 28. Kamu?”

“Aku 37.”

Akhirnya rombongan kelompokku, dan kelompoknya Daniel bareng-bareng nyari kamar. Ngeliatin nomer kamar satu-satu. “Nah, ini 39.. Berarti rada kesana lagi, Nan.” Daniel ngomong layaknya tour guide.

Ketika sampe di kamar yang pojok, ternyata itu kamar 37. Aku sempet mikir. Kok bisa, gitu ya dapet kamar pojok-pojok. Rada creepy. Luar biasa.

Setelah pamitan sama Daniel dan rombongannya, aku mulai muter lubang kunci. Bismillah.. pikirku.

Setelah dibuka ternyata gelap banget. Karena aku yang megang kunci, aku langsung refleks, “Assalamualaikum!” teriakku pada seisi kamar. Iya. Ini kebiasaan yang nurun dari mama. Tiap ke tempat yang udah nggak ditinggalin selama beberapa hari, kita bakalan ngasih salam dulu sebelum masuk ke penunggunya.

Sedikit katro, aku dan Eva nyariin saklar sementara si Erlina dan Vivin nungguin di luar. Setelah lampunya hidup ternyata kamarnya luas banget. Ada 4 bed, toilet, bath tub, shower, wastafel, lemari, juga TV! Lebih mirip dorm dari pada kamar hotel.

Malam itu, kami nggak bisa tidur. Ngomong terus sampe aku yang memutuskan buat tidur duluan.

Day 2

Bangun-bangun, aku rasanya kayak digigit sesuatu. Bukan.. Bukan digigit nyamuk. Digigit hawa. Gile. AC nya dingin banget. Dengan gemeteran, aku ngecilin AC, lalu nyabut hape-hape yang udah di charge mulai kita dateng.

Ketika aku ngeliat jam, ternyata masih jam 3. Lebih baik tidur lagi.

***

Suaranya om Duta dari Sheila On 7 ngebangunin aku dan Erlina. Jam 4 lewat 15 menit WITA. Aku yang udah biasa ngedengerin alarm langsung duduk, walaupun mata masih setengah ngebuka.

“Er.. Liat deh. Masih tidur,” Aku nunjuk Eva dan Vivin di seberang. Erlina ngucek mata, lalu mulai ngebangunin mereka.

Untung, sih mereka berdua nggak susah-susah amat buat dibangunin. Tapi yang bikin kita semua males itu, ya. Mandi. Mandinya.

Pasti dingin banget.

Akhirnya, setelah molor hampir setengah jam, Erlina dan Vivin memutuskan untuk mandi. Aku dan Eva memutuskan untuk ngeliat TV. Tak kami sangka, ternyata ada Stand Up Comedy jam 4 WIB. Waw.. Dan ternyata, setelah mencet berulang kali, ternyata ada drama Korea! Jiwa fangirl kami mulai terusik.

“Eh, Va. Kalau misalnya si Erlina ngeliat si Lee Seung Gi, dijamin dia bakal teriak, deh.” Aku niruin suaranya Erlina.

Si Eva ketawa kecil. Keliatannya masih setengah ga nyambung. “Iya, wes.”

Sesaat kemudian, Erlina keluar dari kamar mandi. Ngelirik TV. “Waah! Lee Seung Gi!” Dia teriak girang.

Aku ngelirik Eva. Tuh, kan.

***
Karena di bagi dua-dua, aku dan Eva yang akhirnya masuk di kamar mandi. Aku yang mandi di bath tub, Eva yang di shower. Sebenernya, dari awal aku emang nggak terlalu setuju, sih mau mandi di shower. Masalahnya showernya remang-remang. Lebih pasti di bath tub ada tirainya.

Serius.

Seriusan kalau Eva itu mandinya lumayan lama. Tapi nggak selama yang aku kira, sih.

Ketika aku selesai mandi, aku langsung keluar dan nyamperin Erlina yang kasurnya di sebelahku. “Eh, Vel. Ini lo ganteng..” Dia nunjuk salah satu pemain drama korea itu. Poni miring, muka flower boy. Iya. Korea banget. Ganteng.

“Iya, Er ganteng.” Mataku langsung berbinar-binar.

“Tapi sayang dia itu..” Erlina diem sebentar. “maho.” lanjutnya. Aku langsung ngerengek sambil kejer-kejer.

(Berlanjut ke part 2 :D)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar