Jumat, 02 Maret 2012

Jadi cewek pintar itu gampang!

Ada yang mau pintar? Semua orang pasti mau. Berikut adalah tips-tips belajar yang udah aku janjiin sama kalian. Enjoy!

Hocus focus

Sim salabim.. Ini triknya biar kita lebih fokus belajar.

Pasang lagu kesukaan

Usahakan jangan pasang lagu yang kita hafal liriknya. Nanti, bukannya belajar, kita malah ikutan nyanyi lagi.. Musik klasik adalah musik yang paling pas untuk didengar saat belajar karena dapat meningkatkan konsentrasi.

Sediakan snack

Minum air putih dapat membantu memperlancar kerja otak biar lebih fokus. Sediakan juga makanan ringan untuk mencegah kantuk. Asaaal, jangan malah asyik ngemil dan mengabaikan buku pelajaran. Lebih baik sebelum belajar, isi perut terlebih dahulu biar tubuh kita bisa bekerja lebih maksimal

Buat jadwal

Sebelum jadwal ulangan sampai di depan mata, buat dulu nih jadwal untuk diri sendiri. Misal, targetkan dalam satu hari kita mau belajar untuk berapa materi pelajaran. Yang terpenting, kita harus disiplin sama diri sendiri. Nah, kalau kita udah bisa mematuhi jadwal dan hasil ulangan enggak perlu di-remedial, kita boleh nih mentraktir diri sendiri makanan favorit.

Pilih waktu yang tepat untuk belajar

Kenali diri kita. Kalau kita bukan tipe orang yang bisa bangun pagi, jangan memilih untuk belajar di pagi buta. Kita bisa pilih belajar sekitar jam 16.00. atau, kalau kita senang banget begadang, kita bisa belajar di malam hari. Yang penting, jangan sampai pas waktu ulangan tiba, kita justru malah mengantuk yaaa. Wah, kacau banget!

Take time to rest

Coba perhatikan deh, kalau kita terus memaksakan otak, ujung-ujungnya otak akan menolak semua materi yang kita jejalkan. So, kalau kita udah belajar hampir dua jam, coba deh untuk istirahat selama 5-10 menit. Otak bakal lebih segar, sehingga siap untuk menerima materi baru lagi.

BELAJAR DI SINI!

Belajar enggak melulu harus di depan meja belajar, lho. Temukan tempat nyaman untuk meningkatkan konsentrasi. Siapa tahu kita dapat inspirasi lain.

Balkon rumah

Kalau kita punya balkon di rumah, coba deh belajar disana. Selain sejuk pemandangannya juga pasti enggak membosankan. Tapi, jangan keasyikan lihat-lihat pemandangan terus lupa belajar yaaa.

Samping kolam renang atau kolam ikan

Suara air bisa jadi pengganti musik klasik yang membantu meningkatkan konsentrasi. Kalau bosan belajar, kita bisa menikmati sejenak gerak-gerik ikan-ikan yang sedang berenang.

Taman

Eits, belajar di taman di sekitar rumah atau halaman belakang rumah seru juga, lho. Perbedaan suasana belajar berguna supaya kita enggak jenuh belajar.

Perpustakaan sekolah

Asyiknya, ketika kita enggak memahami suatu materi pelajaran, kita tinggal browsing mencari bahan. Ditambah suasana perpustakaan sekolah yang sepi, dijamin kita pasti lebih konsen. Dobel bonus, nih.

Pojok kamar

Inspirasi bisa datang dari mana aja. Kalau pojok kamar udah dipenuhi bantal-bantal cantik, coba deh belajar di tempat itu. Kalau udah mulai bosan, memandang keluar jendela sambil bengong sejenak pasti menyenangkan.

(sumber: Majalah KaWanku no. 118)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar