Sabtu, 08 Desember 2012

Best Gifts, Best Wishes, Best Regards


Apa sih hadiah terbaik yang pernah kalian dapetin? Boneka, baju, atau barang-barang lainnya? Ya, kalau menurut kalian itu hadiah terbaik, then it is.

Tapi apa hadiah terbaik buat aku?

Lagi-lagi barunyadar, kalau selama ini banyak banget hadiah terbaik yang Tuhan udah berbaik hati mau ngasih ke aku. Mulai dari yang paling sederhana: keluarga.

Keluarga, bagi aku adalah hal yang vital banget. Ya, enggak tau kenapa aku jadi sebijak ini kalau urusan keluarga. Gimana enggak. Mikirin gimana rasanya nanti ketika sembilan bulan menjadi tempat menempelnya embrio, gimana rasanya ketika perut kontraksi, sampe gimana rasanya ngelahirin.. Bener-bener enggak kepikiran gimana perkasanya ibu-ibu kita ini. Lalu, sekarang, ketika kita udah besar, beliau masih setia banget nemenin kita ketika lagi galau dan butuh tempat curhat, juga masih telaten untuk urusan yang paling sederhana sekalipun. Ngambil rapor, misalnya?

Belum lagi kepikiran soal ayah.

Aku pribadi rasanya enggak tega aja ngeliat papa yang harusnya udah mulai istirahat dari kerjaan, sekarang makin sibuk sama order-an yang makin banyak aja. Ya, aku bahkan rela ngelepas impian buat ke SMA impian demi enggak ngebuat papa kerja lebih keras lagi.

Perang batin? Pasti.

Saat formulir gratis dari SMA saudara udah dibagiin, aku udah ketar-ketir sendiri. Antara ngasih tau kalau ada formulir gratis ke orang tua apa enggak. Pemikiran saat itu adalah: kalau aku bilang ada formulir gratis, aku pasti bakalan dimasukin ke SMA itu, dan ngelepas impian ke SMA idaman.

Ketika papa dateng, aku cerita tentang formulir itu. “Ya udah, kalau kamu mau masuk SMA A (SMA idaman) gak papa, mau masuk situ enggak papa. Kalau papa, sih terserah kamu. Yang penting kamu harus total pas di SMA.” Kata papa tenang.

Papa emang dengan tenangnya bilang kalau keputusan itu semua ada di tanganku, tapi aku sendiri juga kepikiran. Secara, masuk SMA idaman itu enggak gampang. Nilai rata-rata 8 aja, harganya bisa berlipat ganda. Sedangkan masuk SMA saudara lebih murah dan di kasih kemudahan.

Aku ngeliat kondisi papa yang makin jarang pulang gara-gara kerjaannya belum kelar. Mana tega aku ngeliat papa kayak gitu. Aku kan juga enggak tega.. Jadi, ya. Aku rela ngelepas impian ke SMA A. Dan semua itu, aku lakukan dengan ikhlas.

Hiks.

Berpindah ke hadiah yang terbaik lainnya. Sahabat.

Enggak tau kenapa, tadi malem aku mimpi yang aneh banget. I can’t describe that in words. Tapi anehnya, pas aku cerita ke dia, semuanya ngalir begitu aja. Dia juga enggak nanggepin dengan penuh tawa, atau cuma bilang ‘o’ tanpa ngasih respon. Dia ngedenger, juga ngasih tanggapan. Yah, tanggapan. Aku emang butuh banget tanggapan.

Ketika aku coba bandingkan dengan teman-teman yang aku pikir deket. Mereka enggak pernah se respect ini ketika aku bicara. Bisa di bilang agak insensitive, walaupun beberapa juga nyambung diajak curhat.

But, most of them don’t pay any big attention. Mereka cuma menimpali, terus beralih untuk bicara ke temen yang lain. Percaya, deh. Ini bukan cuma perasaanku aja. I’m telling the fact.

See? Enggak semua orang yang pinter cerita itu bisa jadi pendengar yang baik. Untungnya aku bisa nemuin satu yang bener-bener bisa jadi tempat cerita di sini.

Mungkin karena efek kita enggak pernah curhat lama banget, akhirnya kita jadi buka-bukaan tentang apa yang kita berdua enggak tau tentang diri kita masing-masing selama ini. Dia mulai cerita tentang acara jalan-jalannya bareng saudara yang enggak menyenangkan, sampe nyerempet ke masalah galau.

“Mungkin, kamu itu secara enggak sadar suka sama dia. Makanya jadi kebawa mimpi.” Katanya.

Aku diem. Kata-kata itu kayak nusuk, dan straight to the point. Dia kayak bisa ngejabarin hal yang selama ini enggak bisa aku jabarin lewat kata-kata. Aku selama ini emang jadi pemain di balik layar, yang cuma bisa ngeliat pemain utama bermain. Atau mungkin, semacam itu.

“Tapi aku enggak ada getaran khusus, tuh pas sama dia.” Kataku nyanggah. Dalem hati, aku juga mulai sadar dari kemarin, kalau ini emang nyata.

“Mungkin dari dalem kamu sendiri, kamu udah tau kalau kamu enggak bakal ada kemungkinan sama dia, jadi kamu ngebohongin perasaanmu sendiri.”

Oh, ya? Aku ngebohongin perasaan sendiri?

Dalem hati, aku juga mulai mengiyakan perkataan dia yang ‘kamu udah tau kalau kamu enggak bakal ada kemungkinan sama dia’. Yep. Kalah saing. Apa coba kuatnya aku dibanding cewek yang lebih cantik dan lebih menarik perhatian dia, hmm?

Sampe rumah, aku mikir-mikir lagi. Bukan. Bukan mikirin tentang perasaan kesekian yang enggak terbalas ini, tapi mikirin gimana sih reaksi dia tiap aku curhat ke dia. Mulai dari hal yang kekanak-kanakan, kayak masalah penyakit fangirling yang dulu pernah aku alamin, sampe hal-hal yang mulai merembet ke masalah pribadi, ya kayak saat ini.

Dia selalu diem, ngedengerin dengan tenang, lalu ngasih nasihat sama tanggapan yang baik. Dia enggak pernah nyepelein setiap curhatan aku, bahkan sampe mengalihkan pembicaraan dengan bilang “Aku bosen. Cari topik lain, ah.”, dia juga enggak pernah nganggep aku lagi bercanda pas curhat, karena dia ngerti, aku bener-bener butuh dia.

Dia nganggep aku sebagai skala prioritasnya yang paling paling banget aja aku udah seneng.

Beberapa hari yang lalu, dia ngasih aku kado. Dia telaten banget, dan ngerti banget minat aku saat ini. Aku lagi minat nulis. Yah, seenggaknya untuk saat ini, hanya untuk hobi. But, at least she understand.

Dia bilang: Semoga kamu bisa jadi penulis yang sukses, ya nanti. Kalau udah sukses, jangan lupa sama aku. ;;)

Ya, aku enggak bakalan lupa. Enggak bakalan lupa betapa telatennya kamu ketika ngedengerin semua ini. Hiks.

Enggak ada orang lain yang setelaten ini sama aku selama ini. Makasih. Makasih.

That is the best wish, the best love, and the best talk that I’ve ever had. Thank you.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar