Selasa, 04 Juni 2013

Love Dust

Kalau ngomongin tentang musik, khususnya musik yang dibawa oleh Korean Wave, gak bakalan ada habisnya. Percaya, deh.

Pasalnya, yang namanya musik Korea ini udah mulai menginvasi seluruh dunia. Negara apa lagi yang menaungi begitu banyak girlband dan boyband yang jago nge-dance dan nyanyi secara bersamaan?

Nah. Di Indonesia ini, korean wave nya kerasa banget. Gimana nggak? Hampir tiap bulan ada aja konser k-pop yang diadakan di Jakarta. Dan, sedikit mengecewakan karena nggak ada yang mampir ke Surabaya.

Lah, kok curhat.

Karena beberapa hari yang lalu ada sebuah boyband yang begitu hits di Indonesia (baca: Super Junior), timeline twitter tiba-tiba penuh sama update dari beberapa fan yang nonton disana. Bisa dibilang, semacam live report gitu. Berbekal kesadaran penuh, dan mencari-cari nama Kyuhyun disana, akhirnya aku nemuin sebuah tweet yang lumayan menarik.

“Kyuhyun sang Love Dust. Ahh.. Love Dust. :’)“

Hal yang pertama saya perhatikan adalah. Kyuhyun. Lalu sang yang artinya menyanyi. Kyuhyun nyanyi? Ah, itu udah biasa. Bagaikan krupuk yang biasa nemenin pas kita makan soto. Udah wajib hukumnya.

Yang paling menarik perhatian adalah: Love Dust. Abu Cinta. Jiah.. Romantis. Langka. Fantastis.

Dari judulnya aja, bisa disimpulkan bahwa Love Dust ini adalah lagu ballad. Spesialisasinya Kyuhyun banget. Lagu yang berpotensi bikin terbang ketika ngedenger suaranya Kyu, dan dijatuhin secara dramatis ketika kita berusaha tau artinya.

Berbekal semangat seorang fan lagu ballad sekaligus Kyuhyun, mulailah nyoba buat ngedengerin Love Dust. Aku makin yakin kalau lagu ini bakalan bagus. Secara Kyuhyun getol banget promosi buat lagu ini. Mulai dari apdet di twitter sebelum berangkat ke Jakarta diiringi selca, promote diri sendiri di SS5 sampe Ryeowook yang dijejeli sama lagu ini biar apdet di twitter. Good work, Evil Kyu. Saya penasaran.

Mulai dari covernya.

Cover untuk single ini warnanya biru-biru ala angkasa gitu, lalu di pinggirnya ada gambar robot yang lagi nangis. Makin menguatkan indikasi kalau ini lagu ballad.



Dari tulisannya tertulis, kalau ini adalah sebuah project dari seseorang bernama Hwang Sung Jae. Yang setelah saya browsing, ternyata adalah seorang komposer terkenal. Udah bikin lagunya TVXQ, dan lain-lain. Singkat kata, Love Dust ini adalah lagu recycle dari sebuah grup bernama Bubble Sister pada tahun 2006.

Nggak pernah ngedengerin versi aslinya, sih. Tapi kalau misalnya dapet dari penghayatan Kyu di lagu ini, keliatannya itu lagu yang cukup terkenal pada masanya.

Buaian biola, sama suara heavenly lembutnya Kyu (ya, aku suka banget pake istilah heavenly buat Kyu) membuat lagu ini punya nilai yang ‘wah’ dan lumayan megah. Ketika ngedengerin lagu ini yang terlintas adalah: apakah lagu ini akan jadi sebuah soundtrack drama? Soalnya, menurut pendengaran pribadi, lagu ini cocok banget buat soundtrack drama. Pas bagian galau. Apalagi bagian awalnya yang kayak bisik-bisik. Karena lebih milih pake headset, berasa Kyuhyun lagi bisik-bisik ke kuping. Nyaaah..

Si maknae ini emang jagonya buat urusan spesialisasi ballad, nggak perlu diragukan lagi. Selain dua vokalis utama lainnya, yang paling aku suka (paling dari yang paling) itu, ya suaranya Kyuhyun. Pas pertama denger bagiannya Kyu di lagu Mr. Simple, sempet nggak nyadar kalau yang nyanyi itu Kyuhyun. Maklum belum kenal, walaupun sebelumnya pernah liat Kyu di sebuah majalah.

Saat itu, beneran, nih dia yang nyanyi? Siapa namanya? Aku ngebuka majalah itu lagi. Oh, Kyuhyun namanya. Beneran, nih dia maknae? Sebenernya Suju ini udah tua semua, ya?

Pikiran yang polos.

Semenjak  saat itu, dari Siwon saya mulai berpaling ke Kyuhyun. Jiah.. Kenapa curhat lagi.

Lagu ini sedih. Sedih banget. Walaupun sensasinya agak beda kalau misalnya Kyuhyun yang nyanyi. Kalau misalnya Yesung di It Has to Be You sensasi galaunya langsung nusuk, Kyuhyun ini beda. Suaranya lembut, musiknya juga orkestra gimana.. bakal buat terbuai, tapi perlahan-lahan galaunya nyampe sampe akhir musik.

Ditambah lagi lirik lagunya.

Lagu urusan lupa-lupain mantan. Kadang ketika gini sempet terpikir.. Apakah Kyuhyun pernah susah move on? Kenapa tiap dia nyanyi lagu urusan lupa-lupain mantan semacam Love Dust sama Late Autumn feel nya selalu kerasa?

Kepo banget, sih Nan. Maklum, lah. Maklum. Pengen tau aja. Gimana caranya si Evil galau. Just curious.

Apa karena dia galau, makanya pipinya tambah berbobot dan bikin gemes? (ups)

Aih.. Ini mah Kyuhyun’s power banget. Bikin galau. Kyuhyun’s power juga bikin ngakak gara-gara tingkah sama lidahnya yang evil itu. Hadeuh.. orang macam gini perlu ditraktir es krim, nih. Biar evilnya sedikit teredam..

Nyah.. Cho Kyuhyun. Kenapa kamu selalu membuat saya jatuh, dan jatuh lagi?

Alamat playlist tiap hari, nih. Cho Kyuhyun, kapan kamu puas merajai playlist saya?!

Beware. This handsome evil will take you away with his voice. Alalala~




Credit pictures: Google, soompi, allkpop, etc


Tidak ada komentar:

Posting Komentar